Monday, December 24, 2018

Membuat Program Luas Persegi Panjang dengan Turbo Pascal

Membuat Program Luas Persegi Panjang dengan Turbo Pascal - Sahabat honaikomputer kali ini kita akan membahas mengenai bahasa pemograman sederhana. Kita akan membahas mengenai pemograman pascal. Bagi yang belum tahu apa itu pascal mungkin bisa mencari informasinya melalui mbah google karena sudah banyak sekali yang membahas mengenai bahasa pemograman yang satu ini. Kita akan memulai belajar membuat program sederhana menghitung luas persegi panjang.

Untuk membuat sebuah program dalam turbo pascal sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang tipe data, variabel, konstanta, operator perhitungan dan juga flowchart. Untuk mempersingkat kita mulai dengan tipe data integer. Tipe data ini sesuai dengan namnya yaitu bilangan bulat. Jadi tipe data integer ini fungsinya untuk menampung nilai yang memiliki jenis atau tipe bilangan bulat, sehingga jika ada nilai diluar bilangan bulat seperti pecahan, atau bilangan desimal maka tipe data ini tidak bisa menyimpannya. 

Selanjutnya kita mengenal sedikit tentang variabel. Jadi variabel adalah sebuah tempat atau wadah yang akan kita gunakan untuk menyimpan tipe data yang sudah kita tentukan sebelumnya. Sebagai contoh saat kita akan membuat program untuk menghitung luas persegi panjang misalnya, variabel yang kita buat ada tiga yang masing - masing untuk mewakili nilai dari panjang, lebar dan juga luas. Karena sebagaimana yang kita tahu bahwa untuk menghitung luas kita memerlukan panjang,lebar dan luas karena rumus dari persegi panjang adalah luas=panjang x lebar.

Setelah mengetahui tentang variabel kita lanjut ke operasi perhitungan. Jadi di dalam bahasa pemograman pascal ada operasi-operasi perhitungan yang dapat diterima seperti operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, div jan juga mod. untuk lebih jelasnya kita langsung saja masuk ke program.

Kita akan membuat program mencari rumus persegi panjang sebagai contoh. Untuk membuat program rumus persegi panjang tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa rumus dari persegi panjang itu sendiri, dan rumus persegi panjang adalah panjang x lebar. Setelah kita mengetahui rumus dari persegi panjang maka selanjutnya kita harus menentukan variabelnya. Dalam pascal ada aturan dalam menuliskan variabel dimana variabel tidak boleh menggunakan spasi dan tidak boleh menggunakan karakter khusus.

Jadi dari rumus Luas=PxL kita bisa mengubahnya jadi variabel Luas, P dan L. Dalam penentuan penamaan variabelpun bebas yang penting masih sesuai aturan yang sudah saya jelaskan tadi. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut.

tampilan program luas persegi panjang

compile program
Dari gambar tersebut dapat kita lihat bahwa ada aturan dalam penulisan program bahasa pascal. Untuk aturan-aturan bisa kita bahas nanti lebih jauh lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Program Luas Persegi Panjang dengan Turbo Pascal

0 comments:

Post a Comment